Rabu, 20 April 2011

sejarah eSKa computer


GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN




A.    Sejarah Singkat
SK Komputer Banjarnegara awal mulanya berdiri pada tahun 1998 dalam bentuk Usaha Bersama yang didirikan oleh empat orang yaitu Bapak Adnan Sobari; Bapak Elly Wahyudin; Bapak Hari Teguh Wibowo; dan Bapak Wahyu Sardono.
Seiring pasang surutnya kondisi, pada tahun 2000 Bapak Hari Teguh Wibowo dan Bapak Wahyu Sardono menyatakan keluar dari Usaha Bersama dengan dikarenakan beberapa alasan, serta digantikan oleh Bapak Yunus Wahyuddin Ahmad. Namun, dalam perkembangannya serta melihat beberapa kelemahan-kelemahan di Usaha Bersama pada akhirnya di akhir tahun 2002 SK Komputer berubah menjadi usaha perseorangan yang dikelola oleh Bapak Adnan Sobari.
Semula, SK Komputer hanya melayani jasa rental dan pengetikan. Namun, seiring perkembangan dan peningkatan kemampuan para personilnya serta untuk mengantisipasi makin maraknya persaingan usaha jasa komputer di Banjarnegara, SK Komputer juga melayani jasa service, penjualan dan private (kursus). Dari modal sebanyak 4 unit komputer 486DX, di tahun 1998, pada tahun 2000 berkembang menjadi 10 unit komputer pentium I, dimana lima komputer dikhususkan untuk private / kursus, sementara yang lain digunakan untuk rental dan pengetikan.
Sehubungan dengan perkembangan service dan penjualan yang makin meningkat, mulai bulan Nopember 2003 yang lalu, SK Komputer resmi menghentikan jasa private (kursus) yang dianggap kurang efisien terutama dalam hal tenaga pengajar dan income yang dihasilkan. Selain itu, ruang yang digunakan untuk private / kursus telah dialihfungsikan sebagai ruang service dan merakit komputer.


B.     Bentuk dan struktur organisasi
Seringkali orang (bahkan kita) mengatakan dan mendengung-dengungkan kata “organisasi”. Namun jika ditanyakan atau diminta menjelaskan, spontan mereka menggeleng tanda tak mengerti. Terkadang, mereka menjelaskan dengan bahasa mereka sendiri yang tak semua orang mengerti atau paham.
Guna menjawab keingintahuan, khususnya pembaca yang “sempat” atau iseng-iseng membaca Tugas Akhir ini, maka penulis akan paparkan sedikit pengertian organisasi yang disitir dari para ahli, diantaranya :
1.      Ernest Dale (dalam Handoko, T. Hani. 1996.), mendefinisikan bahwa organisasi sebagai proses perencanaan yang meliputi pengembangan dan pemeliharaan suatu struktur atau pola hubungan-hubungan kerja dari orang-orang dalam suatu kelompok kerja.
2.      Cryil Soffer (dalam Handoko, T. Hani. 1996.), mendefinisikan organisasi adalah perserikatan orang-orang yang masing-masing memberi peranan kerja dalam mana pekerjaan itu dirinci menjadi tugas-tugas, dibagikan diantara pemegang peranan dan kemudian digabung dalam beberapa bentuk hasil (organisasi sebagai suatu sistem perencanaan)
Sepintas melihat pengertian organisasi dari dua ahli di atas, kita dituntut berpikir lebih guna mendefinisikan secara jelas dan gamblang pengertian organisasi. Namun, pengertian yang paling singkat dan pendek dikemukakan oleh Handoko (1996) yang mengartikan organisasi sebagai kelompok orang yang secara bersama-sama ingin mencapai suatu tujuan yang sama.
Biasanya, struktur organisasi suatu perusahaan selalu menyesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan perusahaan itu sendiri. Sebelum menjelaskan bentuk struktur organisasi yang ada di SK Komputer Banjarnegara, terlebih dahulu penulis jelaskan tiga bentuk struktur organisasi yang penulis kenal, yaitu :
1.      Sistem Organisasi Garis
Dalam sistem organisasi garis, garis bersama daripada kekuasaan dan tanggung jawab bercabang dari tiap-tiap tingkatan mulai dari pimpinan hingga buruh. Dalam organisasi ini seseorang dapat memimpin satu atau beberapa orang bawahan dan tidak seorangpun yang mempunyai pengawas lebih dari satu.
Kebaikannya :
Dalam sistem organisasi garis terkandung disiplin kerja yang tinggi. Hal ini disebabkan karena adanya kesatuan dalam pimpinan.
Keburukannya :
Pada sistem organisasi ini selalu memungkinkan timbulnya birokrasi.

2.      Sistem Organisasi Fungsional
Sistem yang diciptakan oleh FW. Taylor ini membedakan bagian produksi menjadi dua yaitu bagian planning dan bagian pelaksana. Dimana bagian produksi ada delapan fungsi penting dan tiap fungsi harus dikerjakan oleh seorang mandor, sehingga buruh harus berhadapan dengan delapan orang mandor tersebut.
Kebaikannya :
Keahlian dari masing-masing buruh bertambah karena sebagai akibat dari adanya pembagian kerja yang telah terencana.
Keburukannya :
Mandor mempunyai kekuasaan yang sama dan dapat memerintah bawahan yang sama pula, azas unity of command sudah diabaikan.

3.      Sistem Organisasi garis dan Staff
Sistem ini diciptakan oleh Emerson untuk menghindari keburukan-keburukan dari sistem garis dan staf, yang merupakan perpaduan dari kebaikan-kebaikan dari kedua sistem tadi.
Sedangkan saat ini, sistem organisasi yang dianut oleh SK Komputer adalah sistem organisasi garis. Hal ini disebabkan karena bentuk organisasinya masih kecil, jumlah tenaga kerjanya masih sedikit, pimpinan dan para tenaga kerja mempunyai hubungan yang baik dan saling mengenal satu sama lainnya dengan baik pula.

Adapun struktur organisasi SK Komputer adalah sebagai berikut :
Rental / Pengetikan
 
Service
 
Penjualan
 












Gambar 1
Struktur Organisasi SK Komputer Banjarnegara



C.    Denah / Lokasi
Saat ini, SK Computer Banjarnegara menempati dua area. Satu berada di Jalan Jenderal Soedirman 38 A atau tepatnya di sebelah selatan RSUD Banjarnegara, sedangkan satu lagi berada di Jalan Gotong Royong 16 A atau selatan pertigaan gotong royong, selamanik Banjarnegara.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar