Senin, 24 Januari 2011

Hasil Kongres PSSI, 21-22 Januari 2011


Monday, 24 January 2011
JakOnline-Berikut ini adalah 10 hasil Kongres Tahunan PSSI di Pan Pasific Nirwana Resort, Bali, yang telah diselenggarakan pada 21-22 Januari 2011 :

1. Pertanggungjawaban Ketua Umum PSSI yang terkait dengan program kerja tahun 2010 mulai dari kompetisi hingga masalah keuangan organisasi, bisa diterima peserta kongres dan disahkan secara aklamasi.

2. Penetapan program kerja PSSI selama tahun 2011 termasuk dengan pengelolaan keuangan serta penentuan budget operasional PSSI yang dibutuhkan selama program kerja sepanjang tahun 2011.

3. Pengesahan tindakan pemecatan klub Persema Malang dan Persibo Bojonegoro yang telah mengundurkan diri dari ISL dan telah bergabung dengan Liga Primer Indonesia (LPI). Sangsi juga berlaku bagi klub di bawahnya dan berlaku sejak mulai adanya keputusan hingga kongres berikutnya dilaksanakan.

4. Kongres merestui pelaksanaan pelatnas jangka panjang bagi timnas Indonesia U-23 yang akan disiapkan pada SEA Games 2011 nanti. Timnas di bawah asuhan pelatih Alfred Riedl akan ditargetkan untuk dapat merebut medali emas.

5. Kongres menetapkan 23 klub calon anggota baru yang nantinya akan dapat mengikuti kompetisi yang diselenggarakan oleh PSSI yaitu PS Solsel, Tabir FC, PSSL, Porkab Koba, Cilegon Mandiri, Sultan Muda FC, Bandung Barat FC, Blaster FC, Petro Jabrix FC, Maung Bandung FC, PS Tunas Yogya, Gresik Putra, Barabai FC, Persikat Katingan, Persibilmut, Persikokot, Nusaina FC, Persindung, Persidei, Persiyali, Lhokseumawe FC, Pidie Jaya & Bina Putra FC.

6. Memberikan sangsi kepada klub PSM Makassar yang mengundurkan dari dari ISL ke LPI berupa turun ke kompetisi Divisi I PSSI. Sangsi ini akan bisa berubah menjadi sangsi pemecatan yang akan diberikan pada kongres PSSI berikutnya jika PSM Makassar  tetap menjalani pertandingan LPI dan telah menggunakan hak pembelaannya di kongres PSSI nantinya.

7. Sesuai dengan ketentuan FIFA, PSSI memberikan sangsi kepada tiga klub yaitu Persma Manado, Gaspa Palopo dan Persegi Gianyar dan kongres menambah hukumannya dengan memecat ketiga klub tersebut dari keanggotaan PSSI.

8. Akan dilakukan pengembalian saham sebanyak 99 persen saham dari PT. Liga Indonesia (PT.LI) yang saat ini dikuasai oleh PSSI kepada masing-masing klub yang saat ini berlaga di kompetisi Indonesia Super League (ISL) terhitung mulai tahun 2011.

9. Seputar APBD, PSSI menargetkan terhitung pada tahun 2014 seluruh klub yang bertanding di ISL yang merupakan klub profesional akan dapat terbebas dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sehingga nantinya akan murni didanai oleh sponsorship atau investor..

10. Exco PSSI memutuskan kongres pemilihan ketua umum PSSI periode 2011-2015 akan berlangsung pada tanggal 19 Maret 2011 mendatang di Bintan Kepulauan Riau, yang artinya digelar satu bulan lebih cepat dibandingkan dengan habisnya masa jabatan Nurdin Halid sebagai ketua umum PSSI yaitu bulan April 2011.(JO)
Pemutakhiran Terakhir ( Monday, 24 January 2011 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar